Senin, 04 Juni 2012

kimia dalam kehidupan sehari-hari


KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Sejalan dengan dengan kemajuan industri dan tegnologi, kebutuhan manusiaakan sarana yang memadai makin bertambah. Salah satu sarana itu ialah bahankimia,baik berupa unsur, senyawa ataupum campuran. Kita telah mengetahui bahwaterdapat 92 jenis unsur di alam. Kebayakan dari unsur tersebut terdapat sebagaipersenyawaan. Hanya unsur-unsur yang kurang reaktif saja yang belum ditemukandalam keadaan bebas. Tetapi, berkat kemajuan iptek kita telah dapat membebaskanunsur-unsur dari persenyawaan.Dalam makalah ini akan dibahas beberapa unsur yang berguna dalamkehidupan sehari-hari. Unsur-unsur yang akan dibahas meliputi beberapa unsur logamdan beberapa unsur non logam.BEBERAPA UNSUR LOGAMDari 92 jenis unsur alam, 70 jenis deantaranya adalah unsur logam. Unsur-unsur buatan manusia (NA 93-109) sering dikelompokkan sebagai unsur logam.Telah kita pelajari bahwa logam-logam diperoleh dengan cara mereduksisenyawa-senyawanya. Proses rsduksi ini ada yang mudah dan ada yang sukartergantung dari kereaktifan masing-masing logam. Besi dan tembaga misalnya, sudahdikenal manusia sejak zaman purba, sedang natrium dan kalium baru dikenal manusiapada abad ke-19 setelah ditemukannya metode elektrolisis. Tembaga adalah logampertama yang dihasilkan oleh kebutuhan primitif ynag mulai digunakan pada masaperunggu (3500 SM) yang diduga terbentuk dari penguraian batuan pada api unggun.Sementara sampel besi pada zaman dulu diduga berasal dari berasal dari batumeteorit yang jatuh ke bumi. Beberapa unsur logam yang lain juga penting untuk kehidupan masyarakat, contohnya perak dan emas.
Sifat –Sifat istimewa logam
Logam mempunyai sifat-sifat istimewa yang menjadi dasra penggunaanya. Sifat-sifattersebut dapat dirangkum sebagai berikut.
a.       Kuat 
Kecuali raksa, semua berwujud padat pada suhu kamar. Kekerasan dan kekuatanlogam dapat ditimgkatkan dengan cara mencampurkan logam dengan logam yang lainatau dengan non logam yang disebut aliase(alloy) misalnya aliase aluminium dengan 2magnesium yang dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi bangunan, jembatan dankendaraan bermotor.
b.       Dapat ditempa dan dapat direnggangkan
Logam tidak hancur bila dipukul. Maka, logam dapat ditempa untuk membuatberbagai perkakas, barang kerajinan atau perhiasan. Logam dapat pula diulur menjadikawat.
c.       Konduktor lsitrik yang baik 
Sifat ini yang mendasari penggunaan logam sebagai kabel listrik, serta alat memasak seperti ketel, panci dan kuali.
d.       Mengkilap jika digosok 
Logam dimanfaatkan sebagai perhiasan maupun untuk dekorasi karena memiliki sifatmengkilap jika di gosok.
e.       Pada suhu kamar berwujud padat kecuali raksa (berwujud cair).
 Metalurgi
Metalurgi adalah proses pengolahan bahan-bahan alam menjadi logam unsuryang selanjutnya menjadi logam dengan sifat-sifat yang diinginkan. Bahan an organicalam yang ditemukan di kerak bumi disebut
Mineral
contohnya bauksit danaluminosilikat, sedang mineral yang dapat dijadikan sumber untuk memproduksibahan secara komersial disebut
Bijih
Bijih logam yang paling umum adalah berupaoksida, sulfida, karbonat, silikat, halida dan sulfat. Silikat sebenarnya palingmelimpah, tetapi relatif tidak berharga karena pengolahannya sulit.Metalurgi melalui tiga tahapan, yaitu :
a.       Pemekatan bijih
Di dalam bijih mengandung batuan tak berharga yang disebut batureja(gangue) . Pemekatan bijih bertujuan untuk menyingkirkan sebanyak mungkinbatureja. Biji dihancurkan dan digiling sehingga butiran terlepas dari batureja.Pemisahan selanjutnya dapat dilakukan dengan cara fisis seperti pengapungan (flotasi) atau penarikan dengan magnet.Pada proses pengapungan, bijih yang telah dihancurkan diberi minyak tertentu.Mineral akan melekat pada buih sehingga terlepas dari batureja atau batureja akanmelekat pada buih.
b.       Peleburan
Peleburan (smelting )
adalah proses reduksi bijih sehingga menjadi logam unsuryang dapat digunakan berbagai macam zat seperti karbid, hidrogen, logam aktif atau dengan cara elektrolisis. Pemilihan zat peredusi ini tergantung dari 3kereaktifan masing-masing zat. Makin aktif logam makin sukar direduksi,sehingga diperlukan pereduksi yang lebih kuat.Logam yang kurang aktif sepeti tembaga dan emas dapat direduksi hanya denganpemanasan. Logam dengan kereaktifan sedang, seperti besi, nikel dan timah dapatdireduksi denagn karbon, sedang logam aktif seperti magnesium dan almuiniumdapat direduksi dengan elektrolisis. Seringkali proses peleburan ditambah dengan fluks , yaitu suatu bahan yang mengikat pengotor dan membentuk zat yang mudahmencair, yang disebut terak.c.
Pemurnian
Pemurnian (refining) adalah penyesuaian komposisi kotoran dalam logam kasar.Beberapa cara pemurnian:
 Elektrolisis,
Misalnya pemurnian tembaga dan nikel.
Destilasi,
misalnya pemurnian seng dan raksa.
Peleburan ulang,
misalnya pemurnian besi.
Pemurnian zona,
yaitu suatu cara modern yang dilaksanakan dalam pemurnianlogam.

BEBERAPA UNSUR  LOGAM DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
 BESI
Besi merupakan unsur yang paling penting dalam kehidupan umat manusia sejak zaman mesopotamia purba sampai era modern saat ini. Tidak ada logam lain yang jumlah pemakaiannya melebihi besi. Sangat wajar jika produksi logam besi diseluruh dunia mencapai 1 milyar ton/tahun.Bijih besi yang utama adalah hematit. . Bijih lainnya adalah magnetit, piritdan siderit. Tempat penambangan bijih besi di indonesia ada di Cilacap, Jawatengah dan di beberapa tempat di jawa Timur sedang peleburan biji besi danindustri baja terdapat di Cilegon, jawa barat.
a.       Penggunaan besi
Besi adalah logam yang paling banyak banyak penggunaannya, yaitu sekitar 14kali total penggunaan semua logam lain. Hal ini didasrakan oleh:1.
Biji besi relatif melimpah dan tersebar di beberapa tempat di penjurudunia.2.
Pengolahan besi relatif mudah dan murah.3.
Sifat-sifat besi mudah di modifikasi.Kegunaan utama besi adalah untuk membuat baja yang bias digunakan untuk membuat mainan anak, perkakas dapur, industri kendaraan, konstruksi bangunan, jembatan, rel kereta api. Baja tahan karat banyak digunakan untuk membuat perkakassepereti gunting, obeng dan kunci, perkakas dapur seperti sendok dan panci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar